Home / Headline / Kondisi Memburuk, Bayi Dempet Perut Batal Dirujuk

Kondisi Memburuk, Bayi Dempet Perut Batal Dirujuk

dr. Maulana Patiran, Direktur RSUD Fakfak
dr. Maulana Patiran, Direktur RSUD Fakfak

Fakfak_ Kondisi Hasan Husein, bayi kembar yang dempet pada bagian perutnya, batal dirijuk ke RS Dr. Soetomo, Surabaya, karena kondisi salah satu bayi memburuk. Demikian dijelaskan oleh Direktur RSUD Fakfak, dr. Maulana Patiran pada Jumat (20/3) siang.

 

“Rencananya akan dirujuk pada Jumat pagi ini, namun karena kondisi salah satu bayi memburuk, maka diputuskan untuk dilakukan perawatan disini,” jelas Maulana.

 

Menurut Maulana, memburuknya salah satu bayi juga sudah mulai mempengaruhi bayi satunya. “Sudah ada tanda-tanda di bayi yang satu,” tambah Maulana.

 

Dilanjutkan Maulana, bahwa dalam kasus seperti ini, kemungkinan bayi selamat hanya 25%.

 

Ahmad Maswain, ayah bayi, membenarkan bahwa kondisi salah satu bayinya menurun kesehatannya. Hal inilah yang dijelaskan dokter kepadanya, yang menyebabkan bayinya urung dirujuk ke Surabaya. Sepengetahuannya, selain masalah kesehatan itu, batalnya rujukan itu juga disebabkan pesawat tidak boleh mengangkut tabung oksigen.

 

Penjelasan Ahmad, sebenarnya sudah ‘diralat’ oleh Maulana. Direktur RSUD Fakfak ini menjelaskan bahwa andai dirujuk, tentu bayi masih menggunakan incubator dan tabung oksegen di pesawat adalah tabung oksigen khusus.

 

Dr. Yan Pieter Kambuh, SpOG., satu-satunya dokter ahli kandungan yang sukses mengoperasi banyak pasiennya ini, enggan berkomentar.

 

“Saya hanya menangani saat operasi Caesar kemarin. Setelah itu, bayi menjadi tanggungjawab dokter ahli anak,” kata Kambuh.

 

Wartawan yang meliput berita ini, tidak diperkenankan masuk ruang bayi. Pintu dikunci dari dalam, sedangkan tirai atau gordin jendela kaca selalu dalam keadaan tertutup. ‘Negosiasi’ dengan Maulana untuk membantu mengambil gambar bayi, ditampik secara halus.

 

Dari pantauan melalui ventilasi di atas jendela, nampak dokter dan beberapa perawat di sekitar incubator bayi. Namun tidak terlihat kondisi bayinya.

 

Sementara itu, kondisi Ida Royani ibu Hasan Husein, kondisinya mulai membaik. Namun Ida belum bersedia ditemui wartawan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dokter periksa kondisi bayi

Upaya Maksimal Dokter dan Keluarga, Kandas Di Tangan Pilot

Fakfak_ Upaya maksimal tim dokter RSUD Fakfak dan keluarga bayi kembar siam dempet perut, untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>