Home / Fakfak News / Ekonomi / Rumput Laut Katoni, Komoditas Yang Menjanjikan

Rumput Laut Katoni, Komoditas Yang Menjanjikan

Fakfak_ Rumput laut jenis katoni, menjadi salah satu komoditas yang saat ini banyak dilirik orang, selain pala. Keberadaan rumput laut dengan ciri berbody cukup besar ini, banyak dibudidayakan masyarakat, khususnya di Distrik Kokas dan daerah Arguni.

Menurut Hari, salah satu pengusaha yang hampir dua tahun menggeluti rumput laut ini, potensi rumput laut Fakfak masih terbuka lebar. Salah satu indikasinya adalah semakin banyaknya permintaan rumput laut, baik dari Makassar maupun Surabaya.

“Meski saat ini harga rumput laut turun pada level 14.000/kg di Makassar, namun karena permintaan masih banyak, maka banyak masyarakat petani rumput laut yang tetap berproduksi. Untuk saat ini, harga beli dari masyarakat berkisar 10.000/kg,” ujar Hari yang juga kontraktor ini. “ Jika dihitung dengan biaya kirim yang mencapai 23 juta setiap kontainernya, memang terdapat margin keuntungan cukup tipis. Tapi karena masa panen rumput laut hanya 45 hari, maka usaha rumput laut masih menjanjikan.” Lanjutnya.”

Senada dengan Hari, Pemimpin Cabang Bank Papua, Haedar al Hamid menyampaikan bahwa, usaha rumput laut masih menyediakan lahan cukup luas.

“Bukan hanya di Kokas dan Arguni. Daerah lain semisal Karas, juga memiliki potensi yang baik. Bagi kami pihak bank, tentu kami berusaha untuk membantu permodalan dalam bidang usaha ini,” kata Haedar.

Menurut Haedar, modal usaha rumput laut memang cukup besar pada awalnya. “Tapi modal awal itu untuk beli bibit dan tali. Padahal, tali bisa bertahan 2 tahun. Artinya, untuk tali tidak ganti setiap panen. Sedangkan bibit rumput laut, bisa didapat dari hasil panen.”

Pada rapat paripurna membahas RAPBD dengan agenda jawaban Bupati pada Rabu (14/01) kemarin, permasalahan budidaya rumput laut ini menjadi salah satu bahasan. Dalam jawabannya, Bupati berjanji akan semakin memperhatikan potensi ini, dengan memberikan pembinaan melalui dinas terkait.

Selain untuk bahan baku makanan, informasinya, rumput laut juga berguna untuk bahan kosmetik dan bahan campuran barang kebutuhan kesehatan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>