Home / Headline / Mendekati Titik Akhir, Rapat Paripurna Semakin Serius

Mendekati Titik Akhir, Rapat Paripurna Semakin Serius

Suasana rapat paripurna dengan agenda jawaban Bupati
Suasana rapat paripurna dengan agenda jawaban Bupati

Fakfak_ Rapat Paripurna Pertama Tahun 2015, yang membahas RAPBD 2015, mendekati titik final. Rencananya, rapat paripurna yang dibuka pada Sabtu (10/01) itu, akan ditutup siang ini (15/01).

 

Tak seperti rapat paripurna yang membahas RAPBD pada tahun-tahun lalu, rapat paripurna ini bisa dikatakan lebih baik. Indikasinya, selain dibahas hingga 5 hari, pembahasan RAPBD oleh anggota dewan di luar rapat pun, terjadi secara intens dan serius.

 

Hanya disayangkan, agenda jawaban Bupati Fakfak atas tanggapan komisi sempat molor hampir 2 jam, dari waktu yang ditentukan. Sehingga, molornya jawaban Bupati ini, menjadi keterlambatan kali kesekian.

 

Mencermati jawaban Bupati, arah kebijakan APBD 2015 secara global akan lebih menyentuh masnyarakat. Baik itu yang bersinggungan dengan sektor usaha mikro, maupun sektor infrastruktur.

 

Sekretaris Kabupaten Fakfak, Drs. Husein Thofer, MSi. yang membacakan jawaban Bupati atas tanggapan komisi, menyampaikan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung usaha mikro, seperti usaha sari pala dan sirup pala ‘moskada’ dan rumput laut.

 

Husein Thofer juga menyinggung adanya kebijakan pemerintah daerah untuk membantu perumahan bagi masyarakat, berupa penyediaan BBNL (bahan bangunan non lokal) seperti seng dan semen, dengan mekanisme pengajuan proposal.

 

Menyinggung masalah Pala, salah satu ‘pengurus’ UNDP di Fakfak, Aslan Bukhari Mahubessy yang juga Ketua Aspeknas (Asosiasi Pelaksana Kontruksi Nasional) Kabupaten Fakfak, meminta keseriusan pemerintah daerah untuk mengembangkan produksi pala.

 

“UNDP pernah mengajak Bupati beserta rombongan untuk studi banding pala di Brasil beberapa waktu lalu, maka diharapkan, ke depan masalah pala mendapat dukungan serius pemerintah daerah,” ujar Aslan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bapemperda DPRD Fakfak Bahas Raperda Koperasi

Fakfak_ Dewan Perwakilan  Daerah Kabupaten Fakfak, tengah menggodok 3 Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda. Ketiga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *